Contoh Artikel Lengkap Dengan Jenisnya

Contoh Artikel
Contoh Artikel

Contoh Artikel - Dikutip dari situs Wikipedia.org definisi artikel yaitu suatu bentuk karangan faktual yang dihadirkan secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan di berbagai media, termasuk didalamnys yaitu media online ataupun media cetak, seperti : koran, buletin, majalah dan sejenisnya) yang dimana artikel ini bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Baca juga : Contoh Teks Eksplanasi

Jenis-jenis Artikel

Isi artikel dapat bermacam - macam, beberapa contoh jenis artikel yang sering kita baca antara lain, seperti:
Sejarah
Petualangan
Argumentasi
Hasil penelitian
Bimbingan untuk melakukan/ mengajarkan sesuatu

Contoh Artikel Ilmiah

Contoh Artikel Ilmiah
Contoh Artikel Ilmiah

Rancangan penelitian adalah pokok-pokok perencanaan seluruh penelitian yang tertuang dalam suatu kesatuan naskah secara ringkas, jelas, dan utuh. Rancangan penelitian dibuat dengan tujuan agar pelaksanaan penelitian dapat berjalan secara benar, baik, dan lancar. Rancangan penelitian memuat judul penelitian, latar belakang masalah penelitian, rumusan masalah penelitian, tujuan dan fungsi penelitian, tinjauan kepustakaan, hipotesis (kalau diperlukan), batasan konsep, metodologi penelitian dan daftar kepustakaan.

Syarat-syarat rancangan penelitian seperti berikut ini.
1. Sistematis, artinya unsur-unsur yang ada dalam rancangan penelitian harus tersusun dalam urutan yang logis. Setiap rancangan harus menentukan judul penelitian, menjelaskan latar belakang, dan tujuan penelitian.
2. Konsisten, artinya terdapat kesesuaian di antara unsur- unsurnya, misalnya antara judul dengan tujuan, antara rumusan masalah dengan tujuan, antara rumusan masalah dengan metodologi, dan sebagainya.
3. Operasional, artinya dapat menjelaskan bagaimana penelitian itu dilakukan, misalnya data yang diinginkan, cara pengamatan terhadap objek penelitian, alat yang digunakan, dan penentuan objek penelitian.

Selain ketiga syarat di atas, penelitian harus bermanfaat bagi masyarakat maupun perkembangan ilmu pengetahuan, mempunyai daya tarik, dan secara operasional memungkinkan untuk diteliti kembali.

1. Judul penelitian

Judul penelitian sebagai nama, sekaligus identitas penelitian yang dicantumkan dalam berbagai dokumen. Judul penelitian harus ringkas, spesifik, dan jelas untuk memberi gambaran mengenai masalah yang diteliti. Judul penelitian contohnya:
Pengaruh pemberian pakan pelet BR terhadap pertambahan berat ayam kampung umur 10 hingga 40 hari

2. Latar belakang masalah

Dalam membahas latar belakang masalah, peneliti harus menunjukkan alasan memilih masalah topik atau judul. Dengan demikian fungsi uraian tentang latar belakang masalah memberi alasan mengapa masalah atau topik dipilih oleh peneliti. Banyak masalah yang menjadi topik tapi hanya satu masalah saja yang dipilih, mengapa masalah itu diusulkan untuk diteliti.
Misalnya: Penelitian pengaruh pemberian pakan pelet BR terhadap pertambahan berat ayam kampung umur 10 sampai 40 hari, berlatar belakang sebagai berikut.
– Pentingnya produksi ayam kampung dikaitkan dengan kebutuhan bahan pangan protein hewani.
– Pertambahan berat ayam pada umur tertentu sangat berpengaruh terhadap produksi ayam kampung.
– Belum ada penelitian tentang pengaruh pakan pelet BR terhadap pertambahan berat ayam kampung pada umur tertentu.

3. Rumusan masalah

Rumusan masalah penelitian berupa pertanyaan- pertanyaan yang memudahkan untuk merancang penelitian. Rumusan masalah harus dijabarkan secara operasional dan spesifik dari judul penelitian. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam rumusan masalah, yaitu:
– masalah dirumuskan dengan kalimat sederhana dan dalam bentuk pertanyaan;
– singkat, jelas, dan padat serta tidak menimbulkan kerancuan pengertian.
Perumusan masalah, misalnya:
“Adakah pengaruh jumlah pakan pelet BR terhadap pertambahan berat ayam kampung umur 10 sampai 40 hari?”

4. Tujuan penelitian

Tujuan penelitian dimaksudkan sebagai jawaban atas keingintahuan suatu masalah dalam penelitian. Perumusan tujuan penelitian harus sejalan dengan rumusan masalah penelitian. Tujuan penelitian dirumuskan dalam kalimat pernyataan. Jadi tujuan penelitian merupakan rumusan kalimat yang menunjukkan keinginan peneliti untuk mencapai sesuatu melalui penelitian.
Contoh: Mengetahui pengaruh pemberian pakan pelet BR terhadap pertambahan berat ayam kampung umur 10 sampai 40 hari.

5. Manfaat penelitian

Manfaat penelitian perlu dikemukakan agar diketahui hasil yang hendak dicapai dari penelitian dan untuk siapa penelitian itu digunakan. Manfaat penelitian bisa bersifat praktis, misalnya mempermudah pengambilan kebijaksanaan, dan dapat juga bersifat teoritis, misalnya memperkaya dan mengembangkan khasanah ilmu pengetahuan.
Manfaat penelitian misalnya:
– sebagai masukan bagi para peternak dalam meningkatkan produksi ayam kampung
– sebagai masukan dalam pengembangan teknologi peternakan

6. Proposal penelitian

Proposal penelitian meliputi: identifikasi variabel, latar belakang masalah, manfaat penelitian, tinjauan pustaka, hipotesis (jika ada), dan metode penelitian.
Contoh identifikasi variabel penelitian:
Identifikasi variabel pada penelitian tentang pengaruh pakan pelet BR terhadap pertambahan berat tubuh ayam kampung umur 10 – 40 hari.
Variabel manipulasi: Jumlah pakan pelet BR yang diberikan Variabel respon: pertambahan berat tubuh ayam kampung.
Variabel kontrol: jenis ayam kampung, suhu udara, kelembapan, intensitas cahaya, luas kandang.

7. Tinjauan pustaka

Tinjauan pustaka ini meliputi:
– Mempelajari hasil yang diperoleh dari setiap sumber yang relevan dengan penelitian yang akan dilakukan.
– Mempelajari metode penelitian yang telah digunakan, termasuk metode pengambilan sampel, pengumpulan data, sumber data, dan satuan ukuran data.
– Mengumpulkan data dari sumber lain yang berhubungan dengan bidang penelitian yang akan dilakukan.
– Mempelajari analisis deduktif dan problema yang diteliti. Analisis deduktif yang dimaksudkan adalah berpikir dari hal yang abstrak ke hal yang konkret.
Di dalam tinjauan pustaka, uraian diharapkan dapat menjelaskan (walaupun baru teoritik) masalah yang diteliti serta hubungan antara variabel yang terkait. Contoh: Penelitian tentang pengaruh pakan pelet BR terhadap pertambahan berat ayam kampung umur 10 – 40 hari, tinjauan pustakanya, sebagai berikut.
– Teori tentang pertumbuhan ayam kampung dan faktor- faktor yang memengaruhinya.
– Pengetahuan kandungan zat gizi yang terdapat dalam pelet BR.
– Hubungan zat gizi yang dikandung oleh pelet BR terhadap pertambahan berat badan ayam kampung.

8. Hipotesis

Hipotesis merupakan suatu kemungkinan jawaban dari masalah yang diajukan. Hipotesis dapat dikatakan sebagai pendapat yang masih sederhana (sementara) karena belum diuji kebenarannya. Hipotesis berfungsi sebagai jawaban sementara untuk masalah penelitian. Hipotesis dinyatakan dalam bentuk kalimat pernyataan yang menghubungkan dua variabel atau lebih.

Berdasarkan isi dan rumusannya, hipotesis dibedakan menjadi dua, berikut ini.
– Hipotesis alternatif atau Kerja atau Asli (Ha) adalah dugaan yang menyatakan ada pengaruh.
– Hipotesis nol (Ho) adalah dugaan yang menyatakan tidak ada pengaruh.

Perlu diketahui bahwa tidak semua penelitian harus mempunyai hipotesis. Hipotesis diperlukan jika penelitian mempersoalkan hubungan antarvariabel. Penelitian eksploratif (penelitian yang bersifat menjelajah) dan penelitian deskriptif (penelitian yang bersifat menggambarkan) tidak memerlukan hipotesis karena tujuannya tidak menguji hipotesis akan tetapi menjawab masalah penelitian.

Penelitian yang memerlukan hipotesis adalah penelitian eksplanatif (penelitian yang bersifat mencari hubungan antar variable). Misalnya: Terdapat pengaruh positif pemberian pakan pelet BR terhadap pertambahan berat tubuh ayam kampung umur 10 sampai 40 hari.

9. Metode penelitian

Metode penelitian menguraikan bagaimana cara melakukan penelitian tersebut, mulai dari menentukan populasi dan sampel, operasional variabel, prosedur pengumpulan data, dan analisis data.


Contoh Artikel Pendidikan

Contoh Artikel Pendidikan
Contoh Artikel Pendidikan

Pranata Sosial
Pranata sosial adalah aturan main yang ada di masyarakat. Apabila tidak ada aturan main, tentunya setiap individu dapat berbuat semaunya sendiri dan semena-mena terhadap orang lain. Pranata sosial atau aturan main yang ada di masyarakat tidaklah sama, ada yang tertulis secara hukum formal, ada juga yang tidak tertulis. Sifatnya ada yang berlaku khusus dalam keluarga, tetapi ada pula yang berlakunya hanya pada masyarakat. Secara umum, pranata sosial ada agar masyarakat menyadari akan jati dirinya sehingga tercapai ketertiban dan ketentraman dalam kehidupan.
Pranata sosial berasal dari bahasa Inggris, yaitu social institution. Perbedaan istilah ini dikarenakan masing-masing pengguna memberikan tekanan yang tidak sama. Penggunaan istilah pranata di sini menekankan terdapatnya aturan main tentang berbagai kebutuhan hidup di masyarakat yang tidak sama.
Kata sosial dalam pranata sosial dimaksudkan untuk menegaskan bahwa pranata apapun tidak ada dalam masyarakat dengan sendirinya dan tidak ada yang terlepas dari manusia. Pranata dibentuk, dipertahankan, dan diubah hanya oleh manusia. Pranata dapat mempengaruhi cara berpikir, bertindak, bahkan perasaan manusia.

Pengertian Pranata Sosial Menurut Para Ahli
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa pranata adalah seperangkat aturan yang berkisar sekitar kegiatan atau kebutuhan sosial tertentu. Untuk lebih jelasnya, berikut ini dikemukakan beberapa pengertian tentang pranata sosial menurut beberapa tokoh. Cermatilah.

1) Koentjaraningrat
Pranata sosial adalah suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yang berpusat kepada aktivitas untuk memenuhi kompleks kebutuhan khusus dalam kehidupan masyarakat.

2. Summer
Pranata sosial adalah perbuatan, cita-cita, sikap, dan perlengkapan kebudayaan yang mempunyai sifat kekal serta yang bertujuan untuk memenuhi kehidupan.

3. Soerjono Soekanto
Pranata sosial merupakan himpunan dari norma segala tingkatan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat.

4. Bruce J. Cohen
Pranata sosial adalah sistem pola-pola sosial yang tersusun rapi dan relatif permanen serta mengandung perilaku-perilaku tertentu yang kokoh dan terpadu demi kepuasan dan pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. 

Fungsi dan Ciri Pranata Sosial
Pranata sosial sangat penting bagi kelangsungan hidup masyarakat. Setiap pranata akan memberikan sumbangan agar masyarakat berada dalam keadaan tertib. Apa yang terjadi apabila di masyarakat tidak ada pranata sosial? Kemukakan pendapatmu!

1. Fungsi Pranata Sosial
Fungsi pranata sosial dapat digolongkan dalam dua pertimbangan, yaitu:

a. Disadari atau Tidaknya Suatu Pranata oleh Masyarakat
Berdasarkan pertimbangan ini, pranata sosial dibedakan lagi menjadi dua bagian, yaitu:

1) Fungsi nyata (manifest function)
Artinya, fungsi ini disadari oleh masyarakat secara keseluruhan. Misalnya, fungsi melanjutkan keturunan dan fungsi untuk mendidik anak dalam pranata keluarga.

2) Fungsi tersembunyi (latent function)
Artinya, fungsi pranata sosial yang tidak disadari oleh masyarakat atau hanya didasari oleh orang-orang tertentu saja. Misalnya, fungsi pengendalian sosial yang dimiliki oleh pranata keluarga.

b. Positif atau Tidaknya Kontribusi Pranata Sosial bagi Kelangsungan Hidup Bermasyarakat
Berdasarkan pertimbangan ini, pranata sosial dibedakan lagi menjadi dua, yaitu:

1) Pranata sosial yang bersifat fungsional
Artinya, pranata sosial tersebut ikut mendukung akan kelangsungan hidup masyarakat.

2) Pranata sosial yang bersifat disfungsional
Artinya, pranata sosial yang merugikan kelangsungan hidup masyarakat.

2. Ciri-ciri Pranata Sosial
Pranata sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a) Tiap-tiap pranata memiliki simbol tersendiri yang dapat dibatasi sebagai tanda yang memiliki makna, contohnya cincin kawin.
b) Pranata sosial usianya lebih leluasa panjang daripada usia orang-orang yang membentuknya, contohnya usia bahasa, usia bendera kebangsaan.
c) Setiap pranata sosial memiliki nilai-nilai tersendiri atau ideologi tersendiri, contohnya pranata pendidikan.
d) Setiap pranata sosial memiliki tata tertib dan tradisi, baik yang tertulis maupun yang tidak, contohnya dalam pranata keluarga.
e) Pranata sosial memiliki perlengkapannya sendiri, baik prasarana maupun sarana, contohnya dalam pranata pendidikan (sekolah).


Contoh Artikel Singkat

Contoh Artikel Singkat
Contoh Artikel Singkat

Pengertian Wartawan - Hello reader para pembaca blog tahukah kamu. Perjalanan waktu dari tahun ke tahun kian memberikan kita gambaran jelas, bahwa waktu akan menjawab semua permasalahan yang kita hadapi. Tahu maksudnya apa? Anda hebat jika mengetahuinya, karena saya saja tidak mengerti apa yang saya ucapkan. Namun ada satu hal yang pasti saya mengerti. Yaitu dalam tulisan kali ini, saya selalu pengurus blog tahukah kamu, akan menguraikan secara ringkas mengenai pengertian wartawan dan apa saja tugas-tugas seorang wartawan. 

Oleh karena itu, bila memang pembahasan wartawan ini yang sedang anda cari, maka simak penjelasan kami sejenak berikut ini:

Pengertian Wartawan

Jurnalis, pewarta, atau yang lebih akrab disapa wartawan adalah seseorang yang melakukan rangkaian kegiatan jurnalistik. Dalam pengertian lain, wartawan yaitu orang yang secara teratur/kontiniu menuliskan berita (berupa laporan), dimana tulisan yang ia susun akan dimuat di media massa.
Laporan yang disusun oleh wartawan umumnya akan dipublikasi melalui berbagai media, seperti : koran, radio, televisi, majalah, film dokumentasi, internet (media sosial). Jurnalis atau Wartawan biasanya akan mencari sumber/bahan mereka untuk ditulis didalam laporannya, dan mereka para wartawan kerap dituntut untuk menulis laporan yang paling objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat.

Tugas-Tugas Wartawan

Jika kita sedikit melihat kedalam buku Blur: How to Knoe What’s True in The Age of Information Overload, yang merupakan karya dari Bill Kovach dan Tom Rosenstiel disebutkan bahwa tugas dari seorang wartawan antara yaitu sebagai berikut:

1. Authenticator

Maksud dari Authenticator disini yaitu masyarakat membutuhkan wartawan / jurnalis yang mampu memeriksa keotentikan dari suatu informasi atau berita. 

2. Sense Maker

Adapun substansi yang dimaksud dari sense maker yaitu seorang wartawan harus mampu menjelaskan/menerangkan apakah sebuah informasi tersebut dapat masuk akal atau tidak.

3. Investigator

Investigator disini maksudnya yaitu seorang wartawan harus terus mengawasi kekuasan serta membongkar kejahatan. 

4. Withness Bearer

Makna dari Withness Bearer yaitu seorang wartawan harus mampu meneliti dan memantau setiap kejadian tertentu serta dapat bekerja sama dengan pihak reporter.

5. Empowerer

Adapun yang dimaksud Empowerer yaitu kondisi dimana seorang wartawan dituntut untuk saling melakukan pemberdayaan antara wartawan dan warga untuk menghasilkan percakapan yang terus menerus pada keduanya.

6. Smart Aggregator

Smart Aggregator maksudnya adalah seorang wartawan harus cerdas berbagi sumber berita yang dapat dihandalkan, laporan yang mencerahkan bukan hanya hasil karya wartawan itu sendiri.

7. Organizer

Yang dimaksud dengan organizer disini adalah organisasi berita, baik yang sudah lama atau baru.

8. Role Model

Tugas wartawan lainnya yaitu dirinya harus mampu menjadi teladan/role model. Bukan hanya berkarya dan menghasilkan karya, namun (seorang wartawan-red) juga tingkah laku wartawan masuk dalam ranah publik harus dijadikan contoh.

Kesimpulan Tugas Seorang Wartawan

Dari ulasan diatas dapat kita tangkap bahwa ada banyak sekali tugas pokok seorang wartawan. Namun dari keseluruhan tugas-tugas tersebut dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa tugas seorang wartawan adalah melaporkan, serta menulis berbagai topik informasi, atau berita. Setelah menulis, langkah berikutnya yaitu mempublikasikannya melalui media. Baik itu media konvensional, seperti : koran/radio, maupun media digital seperti: televisi,dan beragam media sosial. 


Contoh Artikel Populer

Contoh Artikel Populer
Contoh Artikel Populer

Daftar Buah Populer Dunia - Buah-buahan merupakan bagian penting dari komposisi makanan manusia, sebab dengan buah buahanlah kita mendapatkan asupan vitamin dan beragam nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyaknya manfaat yang bisa kita peroleh dari buah, membuat konsumsi pangan yang satu ini terus meningkat selama bertahun tahun. Tingkat konsumsi buah ini pun sangat bervariasi di masing masing negara di penjuru dunia. Sebagian buah bisa jadi populer di suatu negara, namun belum tentu buah tersebut juga populer di negara lainnya (seperti : Durian). Dan pada kesempatan kali ini, sperti judul yang sudah kita lihat. Kita akan menghadirkan beberapa daftar buah yang bukan hanya populer di satu negara saja, akan tetapi buah buah ini juga populer hampir di seluruh belahan dunia. Untuk itu, mari kita simak bersama penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Daftar Buah Populer Dunia

1. Tomat

Daftar Buah Populer Dunia di Posisi Pertama Adalah Tomat. Meskipun buah ini dianggap sebagai sayuran dalam komunitas kuliner, namun bagi deskriptor botani / ilmiah buah dan sayuran, tomat diklasifikasikan sebagai buah. Berpegang pada definisi tersebutlah, dapat kita simpulkan, bahwa tomat adalah buah yang memegang gelar juara sebagai buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia saat ini! Bahkan, tomat dianggap sebagai pangan "Wajib Punya" di sebagian besar rumah tangga di seluruh dunia. Diperkirakan, produksi tahunan tomat saat ini telah mencapai 170,75 juta ton. Tomat dapat diproduksi melalui pertanian normal, namun kebanyakan petani tomat membudidayakan melalui sistem irigasi dan rumah kaca. Tomat dapat dikonsumsi mentah atau dimasak. Bukan hanya itu saja, berton-ton tomat juga diolah untuk produksi industri saos, yang sebagian besarnya digunakan sebagai bahan campuran membuat pizza dan pasta. Ada tomat ga di kulkas kamu saat ini?

2. Pisang

Daftar Buah Populer Dunia yang Kedua Adalah Pisang. Hampir semua orang di dunia mengenal dan menyukai yang namanya buah pisang. Berdasarkan estimasi, konsumsi tahunan buah pisang saat ini telah mencapai angka 114,13 juta ton, dan biasanya buah ini dikonsumsi penduduk dunia dalam keadaan matang. Namun, dibeberapa belahan dunia, pisang yang mentah juga dikonsumsi dengan cara dimasak/diolah menjadi sebuah menu makanan yang lezat dan bergizi. Pisang tidak hanya di konsumsi dalam bentuk buah utuh, akan buah pisang juga sering digunakan sebagai bahan campuran cake untuk menambah citarasa buah pisang segar pada kue yang sedang dibuat. Jadi pengen makan bolu pisang.

3. Semangka

Daftar Buah Populer Dunia Ketiga Adalah Semangka. Buah ini bisa kita temui hampir di seluruh negara, konsumsi semangka tahunan di dunia saat ini diperkirakan mencapai 111 juta ton. Citarasa manis yang segar, ditambah nutrisi yang dikandung di dalamnya, tentu sangat wajar jika buah yang satu ini masuk dalam daftar buah paling populer di dunia. Buah semangka dapat tumbuh dengan baik dalam kondisi ringan dan membutuhkan waktu relatif singkat, hanya beberapa bulan saja untuk bisa panen dan dinikmati.

4. Apel

Daftar Buah Populer Dunia Keempat Adalah Apel. Buah ini merupakan buah keempat yang paling diminati serta paling populer di seluruh dunia. Estimasi saat ini, ada sekitar 84,63 juta ton apel yang dikonsumsi manusia setiap tahunnya. Bukan hanya lezat, buah ini juga memiliki kandungan vitamin yang komplit untuk mendukung kesehatan tubuh serta mencegah berbagai penyakit yang disebabkan partikel radikal bebas. Sedikit berbeda dengan buah buah pada umumnya, buah ini tidak mudah tumbuh diseluruh negara. Adapun negara yang dikenal sebagai produsen apel saat ini adalah China, Turki, polandia dan Amerika Serikat. Indonesia ga masuk loh..!

5. Jeruk Bali Merah

Daftar Buah Populer Dunia yang Kelima Adalah Jeruk Bali Merah. Buah ini adalah salah satu buah paling populer serta paling banyak dikonsumsi di dunia saat ini. Setidaknya ada sekitar 83,97 juta ton Jeruk Bali Merah yang dikonsumsi manusia setiap tahunnya. Bukan hanya rasanya yang nikmat, didalam buah ini juga terkandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Coba bayangkan, mulai dari vitamin C, vitamin A, vitamin B1, B2, serat, fosfor, pottasium, kalsium, mineral, zat besi, dan lain lain, terkandung didalam buah jeruk bali merah. 

Daftar buah populer lainnya yang biasa dikonsumsi di seluruh belahan dunia, seperti: anggur, mangga, jeruk, dan nanas. Sekitar tahun 2014 silam, Benua Asia berhasil memproduksi lebih dari 370 juta ton buah dalam kurun waktu setahun, Prestasi tersebut menjadikan benua asia sebagai wilayah pemasok buah paling banyak di dunia. Adapun Afrika, Amerika Selatan, dan wilayah Eropa masing-masing memproduksi 90 juta, 79 juta, dan 73 juta ton buah dalam satu tahun.

Daftar Buah Populer Dunia - Peringkat

  1. Tomat : 170.75 juta ton
  2. Pisang : 114.13 juta ton
  3. Semangka : 111 juta ton
  4. Apel : 84,63 juta ton
  5. Jeruk Bali Merah : 83.97 juta ton
  6. Anggur : 74.5 juta ton
  7. Jeruk : 70.86 juta ton
  8. Mangga : 45.23 juta ton
  9. Pisang raja : 30.67 juta ton
  10. Tangerines : 29,87 juta ton
  11. Pir : 25.8 juta ton
  12. Nanas : 25.44 juta ton


Contoh Artikel Opini

Contoh Artikel Opini
Contoh Artikel Opini

Mengambil ibrah dari pembubaran kajian Ustadz Farhan di Aceh, Saya jadi faham ternyata bukan "Islam Jamaah" saja yang punya ideologi takfiri (mudah mengkafirkan), ternyata warga "islam aswaja nga-NU" juga menganut ideologi yg sama dengan mereka "Islam Jamaah", bahkan mereka lebih Barbar daripada "Islam Jamaah".

Buktinya, disaat sholat isya sedang berlangsung dalam satu masjid yg sholatnya diimami oleh orang yg mereka tuduh wahabi maka mereka tidak mau bermakmum dengan orang tersebut, padahal mereka berada di satu masjid yg sama, bahkan mereka mentertawakan orang² yg sedang sholat, mereka menghina imam dan makmumnya. apakah orang² yg sedang sholat didalam masjid itu semuanya kafir sehingga mereka tertawakan dan mereka hina orang² itu? Apakah si imamnya juga adalah orang kafir sehingga mereka tidak mau bermakmum dengan orang tersebut dan malah mentertawakan sholatnya? Fix ini adalah bodoh murokkab.

Mereka yang suka menuduh salafy wahabi sebagai takfiri (mudah mengkafirkan), justru merekalah sebenarnya yg takfiri dengan sikap mereka, mudah memvonis sesat orang lain secara serampangan.

Bertahun-tahun setelah saya hijrah dan ngaji di Salafy, tak ada satu pun ustadznya yang berani mengkafirkan person-person tertentu. Yang saya tau justru asatidzah Salafiyyin yang saya ambil ilmunya, baik secara langsung maupun lewat rekaman audio/video, beliau-beliau mengajarkan kami untuk berhati-hati dalam masalah kafir mengkafirkan. Mereka membedakan antara vonis 'amm (vonis secara umum) dengan mu'ayyan (vonis secara perorangan).

22 tahun saya dan keluarga saya terjerat faham "islam jamaah" yang berideologi takfiri (mudah mengkafirkan kaum muslimin) dan 5 tahun didalamnya saya terjun sebagai da'i mereka, berpindah dari satu kota kekota lainnya mengajarkan manusia pada faham tersebut..

Alhamdulillah berkat hidayah dan taufiq dari Allah 11 tahun yang lalu saya dan keluarga saya telah hijrah meninggalkan faham tersebut dan setelah hijrah saya baru mengerti, bahwa:
Tidak setiap muslim yg berbuat bid'ah itu berarti dia adalah ahlul Bid'ah, tidak semua muslim yg jatuh pd 'amalan² kemunafikan/kekufuran maka berarti dia telah kaafir!
'Amalnya adalah 'amalan Bid'ah tapi pelakunya tidak serta-merta langsung divonis sebagai "ahlul Bid'ah", 'Amalannya adalah 'amalan kekufuran tapi pelakunya tdk serta-merta langsung divonis sebagai "Kaafir". Memvonis seorang muslim dengan sebutan "ahlul Bid'ah", "Munafik" atau "Kaafir" itu ada Dhowaabith, ada aturan²nya, tidak boleh sembarangan. telah bercerita Khaalid bin dzakwan:
عن الربيع بنت معوذ قالت دخل علي النبي صلى الله عليه وسلم غداة بني علي فجلس على فراشي كمجلسك مني وجويريات يضربن بالدف يندبن من قتل من آبائهن يوم بدر حتى قالت جارية وفينا نبي يعلم ما في غد فقال النبي صلى الله عليه وسلم لا تقولي هكذا وقولي ما كنت تقولين
Dari Rubayyi’ binti mu’awwidz ia bercerita: “dihari pernikahanku, Nabi shallallaahu 'alaihi wasalam datang lalu beliau duduk ditempat dudukku seperti posisimu saat ini dariku.beberapa gadis kecil kami menabuh rebana.mereka bersenandung mengenang orang tua kami yg gugur dimedan Badar.tiba tiba ada seorang dari mereka yg bersenandung, “hidup bersama kami seorang Nabi yg mengetahui apa yg akan terjadi esok hari”. lalu beliau shallallaahu 'alaihi wasalam bersabda : “janganlah kamu berkata demikian,dan katakanlah apa yg telah engkau katakan sebelumnya”.
( HR.Bukhaari )

Dalam hadits diatas Nabi memberi 'udzur/pema'afan kepada perempuan tersebut atas ucapan kufur yang ia ucapkan. maka tatkala perempuan tersebut mengklaim bahwa Nabi shallallaahu 'alaihi wasalam mengetahui barang ghaib,beliau tidak serta merta memvonis kafir perempuan tersebut lantaran ucapannya,dikarenakan ketidak tahuannya. beliau hanya mencukupkan diri dengan hanya melarangnya saja dan memperingatkan agar tidak mengulanginya lagi,padahal perbuatan mengklaim bahwa selain Allah dapat mengetahui perkara ghaib adalah termasuk perkara yg dpt menyebabkan kekafiran.

Ini menunjukkan,bahwa individu tertentu tidak boleh dijatuhi vonis kafir,hanya karena melakukan perbuatan kufur.kecuali apabila 'syarat-syarat' penjatuhan vonis kafir telah terpenuhi dan tidak ada lagi 'faktor faktor penghalangnya', dan diantara faktor penghalangnya adalah kebodohan itu tadi.

Dan masih banyak lagi kaidah-kaidah terkait masalah tabdi', tafsiq dan takfir ini. Tahukah anda dari mana saya dapat mengetahui semua ilmu ini? saya dapatkan setelah saya ngaji di "salafy"..

Jadi, kalau anda pernah mendengar atau membaca statement bahwa salafy itu mudah mengkafirkan, katakan kepadanya:
Qul haatuu burhaanakum inkuntum shaadiqiin ?!



Contoh Artikel Bahasa Indonesia

Contoh Artikel Bahasa Indonesia
Contoh Artikel Bahasa Indonesia

Sebagaimana jenis teks atau kalimat pada umumnya, teks inspirasi juga memiliki beberapa unsur pembentuk, antara lain yaitu :
1. Orientasi
Di dalam teks inspirasi, unsur orientasi mirip dengan muqoddimah atau pembuka dari sebuah buku. Pada unsur ini, biasanya teks yang akan disampaikan mengandung gambaran umum dari inti cerita yang akan disampaikan.

2. Perumitan Peristiwa
Dalam unsur ini, teks inspirasi akan berfokus pada perjalanan kisah para tokoh. Termasuk di dalamnya yaitu peristiwa yang dihadapi para tokoh dalam menuju puncak cerita.

3. Komplikasi
Unsur teks inspirasi ketiga yaitu komplikasi. Pada bagian ini, teks inspirasi akan memasuki inti atau puncak cerita. Di dalamnya, para tokoh akan menghadapi konflik atau permasalahan, dan mencari solusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

4. Resolusi
Di dalam teks inspirasi, unsur ini merujuk pada suatu peristiwa yang memberikan faedah, sehingga menyadarkan sang tokoh bahwa ada kebaikan dibalik peristiwa yang ia alami.

5. Koda
Pada teks inspirasi, koda berperan sebagai unsur penutup. Di dalamnya biasanya terkandung pesan moral, faedah, dan kesimpulan dari keseluruhan jalan cerita.


Contoh Artikel Singkat

Contoh Artikel Singkat
Contoh Artikel Singkat

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria.[ Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Manfaat Kesehatan Dari Anggur Hitam
Karena kadar air yang tinggi, kalori hadir dalam anggur hitam rendah. Sebagian besar kalori dalam anggur hitam berasal dari karbohidrat dan gula buah. 80 gram anggur hitam mengandung hanya 60 kalori saja. Berikut ini adalah manfaatnya :

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Anggur hitam adalah salah satu sumber terkaya dari resveratrol, yaitu antioksidan kuat. Berdasarkan penelitian laboratorium dan hewan, diamati bahwa resveratrol bertindak sebagai agen pelindung kardiovaskular, yang dapat berkontribusi untuk mencegah serangan jantung. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa reservatrol dapat melindungi arteri dari kerusakan dengan mengurangi kadar kolesterol LDL. Jadi, menyertakan anggur hitam dalam diet Anda dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Mengontrol Tekanan Darah Tinggi
Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa resveratrol mungkin efektif dalam melebarkan pembuluh darah, dengan meningkatkan produksi oksida nitrat. Hal ini dapat bekerja untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengatur tekanan darah tinggi.

Baik untuk Mata
Anggur hitam merupakan sumber lutein dan zeaxanthin, karotenoid yang melindungi sel-sel mata dari kerusakan radikal bebas. Karotenoid ini memainkan peran penting dalam menunda dan bahkan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia (degenerasi makula). Jadi, menambahkan anggur hitam untuk diet bisa menjaga kesehatan mata.

Memerangi Kanker
Warna gelap anggur hitam adalah karena adanya antosianin, yang bertindak sebagai antioksidan kuat. Selain itu, mereka juga mengandung resveratrol dalam jumlah tinggi. Kehadiran antosianin dan resveratrol dapat memberikan perlindungan terhadap kanker.

Promosikan Kulit Sehat
Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah anggur hitam dapat membantu melindungi kulit dari penuaan. Rutin mengkonsumsi anggur yang kaya antioksidan pasti bisa membantu untuk mencegah kerutan dini pada kulit. Antioksidan membantu meningkatkan produksi kolagen, protein struktural yang memberikan kekencangan dan elastisitas pada kulit. Jadi makan anggur hitam dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan dan menjaga elastisitas kulit.

Meningkatkan Fungsi Otak
Makan anggur hitam secara teratur dapat memiliki efek positif pada fungsi otak, seperti yang ditemukan melalui penelitian pada hewan. Potensi antioksidan tinggi anggur hitam membantu meniadakan kerusakan oksidatif yang menyebabkan radang otak serta menghambat aktivitas gen tertentu yang telah dikaitkan dengan Alzheimer dan penyakit Parkinson. Dari penelitian itu, Anda pasti dapat menyimpulkan bahwa konsumsi secara teratur anggur hitam dapat mencegah masalah kognitif dan penurunan daya ingat yang terjadi seiring dengan usia.

Mengurangi Tingkat Asam Urat
Anggur hitam, karena kandungan air yang tinggi dapat membantu menghilangkan asam urat berlebih melalui urin. Tidak normalnya kadar asam urat yang tinggi telah dikaitkan dengan encok dan arthritis. Jadi, makan anggur hitam menyediakan cara alami untuk meringankan dan bahkan mencegah masalah kesehatan terkait dengan sendi.

Meningkatkan Imunitas
Makan anggur hitam pasti bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung banyak vitamin C. Hanya 80 g dari anggur hitam sudah memberikan 15% dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan.


Contoh Artikel Kesehatan

 
Contoh Artikel Kesehatan
Contoh Artikel Kesehatan
Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Fisik (Organ Tubuh) 
Bila kita coba kumpulkan keuntungan berolahraga, kita akan dapat ringkasan sebagai berikut:

1. Jantung dan Pembuluh Darah
Keuntungan tersebut terutama pada jantung dan paru-paru.
1. Otot jantung diperkuat, dan isi sekuncup bertambah. Meningkatkan kerja dan fungsi jantung, dan pembuluh darah. Jantung kita dapat memompakan jumlah darah yang lebih banyak dan berdenyut lebih lambat. Membuat jantung lebih berdayaguna, jumlah darah yang dipompakan lebih banyak.
2. Menormalisasi tekanan darah. Bila tekanan darah tinggi, olahraga akan menurunkannya. Namun bila tekanan darah rendah, olahraga justru akan menaikkannya menjadi normal.
3. Memperbesar kapasitas darah dalam membawa oksigen sehingga lebih banyak darah yang dapat mencapai seluruh bagian tubuh manusia.
4. Menurunkan denyut nadi dalam keadaan istirahat. Hal ini sangatlah penting sebab dengan berkurangnya denyut nadi, jantung tidak perlu bekerja terlalu keras.
5. Memperlancar peredaran darah. Aliran darah adalah sungai kehidupan Anda, sebab darah membawa oksigen, zat makanan dan za-zat penting lainnya ke seluruh tubuh manusia. Darah juga yang membawa produk sisa metabolisme ke ginjal, paru-paru, dan kulit untuk dikeluarkan dari tubuh Anda.
6. Meningkatkan pembuluh darah kolateral.
7. Mengurangi aterosklerosis.

2. Paru-paru
1. Paru-paru kita akan bertambah kapasitas pernapasannya, masuk dan keluar.
2. Merangsang pernafasan yang dalam, yang menyebabkan paru-paru berkembang melalui refleks dan reaksi kimia. Hal ini menyebabkan paru-paru lebih berdayaguna, sebab lebih banyak oksigen akan disalurkan ke dalam darah dan lebih banyak karbondioksida yang dapat dibuang dari dalam tubuh.

3. Otot
1. Membuat otot yang tegang menjadi luwes, serta meredakan emosi yang negatif. Ini akan membuat Anda lebih merasa senang terhadap diri sendiri, sebab kemarahan dan frustasi dapat dikurangi.
2. Meningkatkan massa otot, serta kekuatan dan ketahanannya
3. Menguatkan otot, tulang dan jaringan pengikat tubuh. Ini akan menghindarkan Anda dari kehilangan mineral tulang, dengan demikian Anda akan terhindar dari penyakit osteoporosis.
4. Sementara mitokondria kita yakni komponen dari sel otot yang menyimpan oksigen dan mengeluarkan energi menjadi lebih besar dan banyak sehingga badan kita menjadi lebih efisien untuk membuang panas. Mari kita tingkatkan kebugaran tubuh dengan senam aerobik!

4. Metabolisme
1. Penumpukan asam laktat berkurang.
2. Meningkatkan HDL Kolesterol.
3. Menambah tenaga listrik pada otak dan sel saraf. Hal ini akan memberikan keseimbangan yang lebih baik antara susunan saraf sadar dan tak sadar.
4. Menolong pencernaan dan mendorong kegiatan usus, mengurangi gas dan sembelit.
5. Memberikan keseimbangan fisiologis kepada sistem endokrin Anda, sehingga kelenjar pituitari, pankreas, adrenalin dan seks akan menjadi lebih berdayaguna.

5. Seks
Pria yang aktif secara fisik dilaporkan kemampuan ereksinya lebih baik. Semakin fit seorang pria, maka akan semakin baik ereksinya. Latihan yang giat, setara dengan lari paling sedikit 3 jam seminggu atau bermain tenis tunggal 5 jam seminggu, dapat menghasilkan manfaat lebih dan penurunan risiko impotensi sebesar 30%. Hasil temuan ini juga menunjukkan bahwa pria yang kurang dari 60 tahun mendapat manfaat paling banyak dari olahraga. Namun, kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat akan menghilangkan manfaat tetap awet muda. Peneliti mengharapkan agar para pria mendapat pesan penting dari penelitian ini, yaitu aktivitas seksual dapat bertahan kuat bertahun-tahun selama mereka menjalani hidup yang sehat.


Contoh Artikel IPA

Contoh Artikel IPA
Contoh Artikel IPA

Tipe-Tipe Ekosistem
Hubungan antara komunitas dengan lingkungannya akan membentuk suatu ekosistem. Ekosistem merupakan sistem yang dinamis karena komunitas senantiasa berubah dan beradaptasi sebagai tanggapan terhadap perubahan kondisi lingkungan. Beberapa tipe ekosistem yang terdapat di permukaan bumi antara lain ekosistem darat, ekosistem perairan dan ekosistem buatan. Tipe ekosistem ini ditentukan oleh faktor biotik tertentu yang berada pada lingkungan abiotik tertentu.

1. Tipe Ekosistem Perairan (akuatik)
Ekosistem perairan terdiri dari ekosistem air tawar dan ekosistem laut. Ekosistem air tawar contohnya meliputi kolam, sungai, danau, rawa, rawa gambut. Sedangkan, ekosistem laut misalnya hutan bakau, rawa payau, estuari, pantai berpasir, pantai berbatu, laut dangkal dan laut dalam.

Berdasarkan cara hidup organisme pada ekosistem perairan dibedakan menjadi lima, antara lain sebagai berikut.
a. Bentos, yaitu organisme yang hidupnya merangkak di dasar perairan, misalnya ketam dan cacing air.

b. Nekton, yaitu organisme yang hidupnya bebas berenang secara aktif bergerak kesana kemari, misalnya ikan.

c. Neuston, yaitu organisme yang hidupnya di permukaan perairan, misalnya eceng gondok, kiambang, dan laba-laba air.

d. Plankton, yaitu organisme yang hidupnya melayang-layang mengikuti arus air bergantung intensitas cahaya, misalnya alga.

e. Perifiton, yaitu organisme yang hidupnya menempel pada benda-benda yang ada di lingkungan air, misalnya lumut dan alga.

Tipe ekosistem perairan ini pun terbagi lagi menjadi dua macam, sebagai berikut:
a. Ekosistem air tawar
Ekosistem air tawar umumnya memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1) Salinitas (kadar garam) rendah, umumnya lebih rendah daripada kadar garam plasma sel organisme yang hidup di dalamnya.
2) Kondisi lingkungannya dipengaruhi oleh iklim dan cuaca.
3) Variasi suhu antara permukaan dan dasar sangat rendah, relatif sama.
4) Penetrasi cahaya di perairan kurang.

Secara fisik dan biologi, ekosistem air tawar merupakan perantara ekosistem darat dan ekosistem laut. Organisme laut yang pindah ke lingkungan air tawar, ada yang beradaptasi terhadap lingkungan payau, yaitu di muara sungai, ada yang sepanjang hidupnya pulang balik dari laut ke air tawar, ada pula yang menyesuaikan diri hidup di antara air tawar dan darat, yaitu pada daerah tepi sungai, kolam, dan tempat lembab.

Berdasarkan intensitas cahaya yang diterimanya ekosistem air tawar dikelompokkan menjadi litoral, limnetik, dan profundal.

Berdasarkan aliran airnya, ekosistem dibedakan menjadi ekosistem lotik yang airnya mengalir, misalnya sungai. Dan ekosistem lentik yang airnya tidak mengalir misalnya, danau dan kolam. Adaptasi organisme yang hidup di air tawar untuk mengatasi kadar garam yang lebih rendah adalah dengan mengeluarkan banyak urin, sedikit minum karena air diabsorbsi lewat kulit secara osmo- sis, dan garam mineral diabsorbsi melalui insang.

b. Ekositem laut
Ekosistem air laut memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut.
1) Memiliki salinitas tinggi, semakin mendekati khatulistiwa semakin tinggi.
2) NaCl mendominasi mineral ekosistem laut hingga mencapai 75%.
3) Iklim dan cuaca tidak terlalu berpengaruh pada ekosistem laut.
4) Memiliki variasi perbedaan suhu di permukaan dengan di kedalaman.

Laut merupakan wilayah yang sangat luas, lebih kurang dua pertiga dari permukaan bumi. Wilayah ekosistem laut sangat terbuka sehingga pengaruh cahaya matahari sangat besar. Daya tembus cahaya matahari ke laut terbatas, sehingga ekosistem laut terbagi menjadi dua daerah, yaitu daerah laut yang masih dapat ditembus cahaya matahari, disebut daerah fotik, daerah laut yang gelap gulita, disebut daerah afotiik. Diantara keduanya terdapat daerah remang- remang cahaya yang disebut daerah disfotik.

Berdasarkan jarak dari pantai dan kedalamannya ekosistem laut dibedakan menjadi zona litoral, neritik, dan oseanik. Secara vertikal kedalaman dibedakan menjadi: epipelagik, mesopelagik, batio pelagik, abisal pelagik, dan hadal pelagik.

1) Zona litoral (kelompok ekosistem pantai)
Ada beberapa macam zona litoral, antara lain sebagai berikut.
a) Ekosistem estuaria, yaitu terdapat pada wilayah pertemuan antara sungai dan laut. Ciri estuari adalah berair payau dan vegetasi di dominasi oleh tumbuhan bakau. Berdasarkan salinitasnya estuaria dibedakan menjadi oligohalin yang berkadar garam rendah (0.5- 3%), mesohalin berkadar garam sedang (3-17%), dan polihalin berkadar garam tinggi di atas 17%.
b) Ekosistem pantai pasir, merupakan zona litoral yang terkena deburan ombak terus-menerus dan terpaan cahaya matahari selama 12 jam. Vegetasinya membentuk formasi prescaprae dan formasi baringtonia, sebagai suatu unit vegetasi yang terbentuk karena habitatnya dan diberi nama sesuai dengan nama vegetasi yang mendominasi. Pada formasi prescaprae didominasi oleh vegetasi Ipomoea pescaprae, tumbuhan lain yang hidup disini ialah Vigna, Spinifex littorius (rumput angin), Crinum asiaticum (bakung) dan Euphorbia atoto. Formasi baringtonia didominasi oleh vegetasi Borringtonia. Tumbuhan lain yang ada antara lain adalah Callophyllum, Hernandia, Hibiscus tiliaceus, Terminalia dan Erythrina. Hewan pada ekosistem pantai pasir kebanyakan hidup di dalam pasir, misalnya kepiting kecil.
c) Ekosistem pantai batu, merupakan daerah pantai yang memiliki air jernih dan berbatu. Daerah ini banyak dihuni hewan coelenterata, moluska, krustase dan tumbuhannya adalah alga bersel tunggal, alga hijau, dan alga merah.

2) Zona laut dangkal (Neritik)
Neritik, yaitu zona yang masih dapat ditembus cahaya matahari sampai ke dasarnya. Di daerah ini plankton, nekton dan bentos dapat hidup dengan baik. Contoh zona laut dangkal adalah ekosistem terumbu karang. Ekosistem terumbu karang hanya dapat tumbuh di dasar perairan yang jernih. Terumbu karang terbentuk dari kerangka Coelenterata. Organisme yang ada dari Alga, Porifera, Coelenterata, berbagai jenis ikan dan udang.

3) Zona oseanik
Merupakan wilayah ekosistem laut lepas yang kedalamannya tidak dapat ditembus cahaya matahari sampai ke dasar, sehingga bagian dasarnya paling gelap. Akibatnya bagian air dipermukaan tidak dapat bercampur dengan air dibawahnya, karena ada perbedaan suhu. Batas dari kedua lapisan air itu disebut daerah Termoklin, daerah ini banyak ikannya.


2. Tipe Ekosistem Darat (Terrestrial)
Ekosistem darat yang memiliki tipe struktur vegetasi dominan dalam skala luas disebut bioma. Penyebaran bioma dipengaruhi oleh iklim, letak geografis, garis lintang dan ketinggian letak dari permukaan laut. Berdasarkan posisi geografis, iklim, garis lintang dan ketinggian letak dari permukaan laut bioma dibedakan antara lain sebagai berikut.

a. Bioma Gurun
Bioma yang terletak dibelahan bumi sekitar 20°-30° lintang utara dan lintang selatan atau di daerah tropika yang berbatasan dengan bioma padang rumput. Ciri-ciri bioma gurun antara lain sebagai berikut.
• Curah hujan rendah, yaitu 25 cm per tahun.
• Pancaran matahari sangat terik,
penguapan tinggi, dan suhu siang hari dapat mencapai 40°C pada musim panas.
• Perbedaan suhu siang dan malam hari
sangat besar.

Vegetasi di daerah gurun di dominasi oleh tanaman kaktus, sukulen, dan berbagai belukar akasia yang berduri. Hewan yang menghuni daerah gurun. Umumnya adalah serangga, hewan pengerat, ulat dan kadal. Contoh bioma gurun adalah Gurun Sahara di Afrika, Gurun Gobi di Asia, Gurun Anzo Borrega di Amerika.

b. Bioma padang rumput
Bioma padang rumput terbentang dari daerah tropika sampai ke sub tropika. Ciri-ciri bioma padang rumput antara lain sebagai berikut.
1) Curah hujan 25 - 50 cm per tahun dan hujan turun tidak teratur.
2) Vegetasi yang mendominasi adalah rerumputan. Rumput yang hidup di bioma padang rumput yang relatif basah. Ukurannya bisa mencapai tiga meter, misalnya rumput Bluestem dan Indian Grasses. Rumput yang tumbuh di bioma padang rumput kering, ukurannya pendek-pendek, misalnya rumput Grana dan Buffalo Grasses.
3) Hewannya adalah bison, Zebra, kanguru, singa, harimau, anjing liar, ular, rodentia, belalang dan burung.

Contoh bioma padang rumput antara lain Amerika Utara, Rusia, Afrika Selatan, Asia dan Indonesia (Sumbawa).

c. Bioma Hutan Gugur
Pada umumnya terdapat di sekitar wilayah subtropik yang mengalami pergantian musim panas dan dingin. Hutan gugur juga terdapat diberbagai pegunungan di daerah tropis.
Ciri-ciri bioma hutan gugur adalah sebagai berikut:
1) Curah hujan sedang, yaitu 75 -150 cm per tahun.
2) Mengalami 4 musim, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi.
3) Tumbuhannya mempunyai menggu- gurkan daunnya pada musim gugur.
4) Vegetasinya adalah pohon Maple, Oak, Beech, dan Elm.
5) Hewan yang menghuni pada umumnya adalah Rusa, Beruang, Raccon, Rubah, Bajing, dan Burung Pelatuk.

Contoh bioma hutan gugur adalah Kanada, Amerika, Eropa dan Asia.

d. Hutan hujan tropis
Bioma ini terdapat di wilayah khatulistiwa dengan temperatur yang tinggi sekitar 25°C. Ciri-ciri hutan hujan tropis antara lain sebagai berikut.
1) Curah hujan bioma hutan hujan tropis cukup tinggi, yatu sekitar 200-225 cm per tahun.
2) Tumbuhannya tinggi dan rimbun membentuk tudung yang menyebabkan dasar hutan menjadi gelap dan basah.
3) Tumbuhan khas, ialah liana dan epifit. Contoh liana adalah rotan sedangkan epifit adalah anggrek.
4) Vegetasinya didominasi oleh tumbuhan yang aktif melakukan fotosintesis, misalnya jati, meranti, konifer, dan keruing.
5) Hewannya didominasi oleh aneka kera, babi hutan, burung, kucing hutan, bajing, dan harimau.
Contoh bioma hutan hujan tropisnya adalah hutan di Indonesia,
Malaysia, Filipina, Papua, dan Brasil.

e. Bioma Taiga
Bioma ini terdapat di wilayah utara hutan gugur subtropis dan pegunungan tropis. Ciri-ciri bioma taiga adalah sebagai berikut.
1) Curah hujan sekitar 35 cm per tahun.
2) Bioma yang biasanya hanya terdiri dari satu spesies pohon, yaitu konifer (pinus).
3) Masa pertumbuhan flora pada musim panas antara 3 sampai 6 bulan.
4) Suhu di musim dingin sangat rendah, dan mengalami musim dingin yang panjang.
5) Vegetasinya Sprice (Picca), Alder (Alaus), Birch (Berula) dan Junipce (Juniperus).
6) Hewannya antara lain moose, beruang hitam, serigala dan morten.

Contoh bioma taiga terdapat di Amerika Utara dan dataran tinggi diberbagai wilayah.

f. Bioma Tundra
Bioma ini terdapat di belahan bumi utara di dalam lingkaran kutub utara yang disebut Tundra artik dan di puncak gunung disebut Tundra alpin. Ciri-ciri bioma tundra adalah sebagai berikut.
1) Curah hujan sekitar 10 cm per tahun.
2) Iklimnya iklim kutub dengan musim dingin yang panjang dan gelap serta musim panas yang panjang dan terang terus menerus.
3) Tidak ada pohon yang tinggi, kalaupun ada terlihat tebal seperti semak.
4) Tumbuhan semusim biasanya berbunga dengan warna yang mencolok dalam masa pertumbuhan yang pendek.
5) Vegetasinya Spaghnum, lumut kerak, dan perdu.
6) Hewannya Muskox, rusa kutub, kelinci, serigala, rusa dan domba.


3. Tipe Ekosistem Buatan
Ekosistem buatan merupakan ekosistem yang diciptakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya.
a. Bendungan
Suatu ekosistem buatan yang berupa bangunan penahan atau penimbun air untuk berbagai keperluan, misalnya irigasi, pembangkit listrik.

b. Hutan tanaman industri
Hutan yang sengaja ditanami dengan jenis tanaman industri. Jenis tanaman yang umum ditanam adalah jati, pinus, mahoni, rasamala, dan damar.

c. Agroekosistem
Suatu ekosistem buatan berupa ekosistem pertanian, misalnya sawah irigasi, sawah tadah hujan, sawah surjan, sawah rawa, sawah pasang surut, perkebunan (teh, kopi kelapa sawit, dan karet), kolam tambak, ladang, dan pekarangan.

Itu saja kali ini penjelasan seputar tipe-tipe ekosistem, semoga bermanfaat. Jika kamu merasa terbantu dengan artikel kami, jangan lupa bagikan link blog kami ke teman-teman belajarmu yah, agar mereka juga mendapatkan pencerahan materi yang mungkin mereka butuhkan. Terimakasih.

------------------------- End ------------------------- 

Mungkin demikian tulisan kali ini mengenai contoh contoh artikel lengkap, mulai dari contoh artikel singkat, contoh artikel opini, contoh artikel ilmiah, contoh artikel populer, contoh artikel bahasa Indonesia, contoh artikel kesehatan, dan contoh artikel IPA. Terima kasih atas perhatian dan waktu para pembaca, salam literasi.