Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Eksplanasi (Materi Edukasi)
Contoh Teks Eksplanasi (Materi Edukasi)

Contoh Teks Eksplanasi - Sebagaimana yang telah kita lihat diatas, di bawah ini adalah contoh teks eksplanasi yang diharapkan dengan share ini dapat membantu para pelajar dalam menyelesaikan tugas sekolahnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

 

Contoh Teks Eksplanasi : Gempa Bumi

Gempa bumi merupakan getaran / goncangan yang terjadi, disebabkan lempengan bumi yang saling beradu di dalam perut bumi. Gempa bumi terbagi ke dalam dua jenis, yakni: gempa tektonik dan gempa vulkanik. Gempa tektonik adalah gempa yang terjadi akibat aktivitas lempeng-lempeng bumi. Gempa jenis ini biasanya terjadi di sekitar pantai dan cukup berpotensi menimbulkan tsunami, seperti gempa yang terjadi di wilayah Aceh 15 tahun silam. Adapun gempa vulkanik yaitu gempa yang terjadi akibat aktivitas vulkanik gunung berapi. Gempa jenis ini biasa terjadi di daerah yang memiliki gunung api yang masih aktif. Gempa vulkanik pernah terjadi di Indonesia, seperti gempa yang terjadi di Yogyakarta beberapa tahun silam. Para ahli mengatakan bahwa gempa tektonik sebenarnya terjadi setiap saat. Hanya saja skalanya sangat kecil, sehingga tidak dirasakan langsung oleh manusia.

Arah pergeseran lempeng-lempeng bumi sangat bervariasi. Ada yang ke arah vertikal, horizontal, resultan dari vertikal dan horizontal atau kombinasi dari keduanya. Sebagaimana gempa yang terjadi di Aceh pada 26 Desember 2004. Hal ini disebabkan karena letak Indonesia berada di antara tiga lempeng utama dunia. Tiga lempeng utama tersebut adalah lempeng Pasifik, lempeng Eurasia, dan lempeng Australia.

Akibat yang ditimbulkan dari gempa tektonik umumnya jauh lebih dahsyat dibandingkan gempa vulkanik. Dahsyatnya gempa tektonik terbukti telah banyak menghilangkan nyawa manusia. Jumlah manusia yang tewas dan hilang akibat dari gempa tektonik bisa mencapai ribuan. Seperti gempa bumi di Aceh pada tahun 2004 silam, gempa tersebut tercatat sebagai gempa bumi dengan bidang rekahan atau patahan terpanjang dalam sejarah gempa bumi yang tercatat oleh manusia. Rekahan yang ditimbulkan dari gempa tersebut, yakni sepanjang + 1600 km. Dimulai dari epicenter gempa dekat pulau Simeulue sampai ke kepulauan Andaman dengan kecepatan 2 km/detik. Rekahan yang panjang ini terjadi hanya dalam waktu 10 menit dan menjadi sumber gangguan volume air laut, hingga akhirnya berubah menjadi tsunami yang sangat besar.

Tsunami yang muncul dari gempa tersebut menghasilkan gelombang setinggi 30 m, dan menghancurkan pesisir pantai. Akibat dari gempa tersebut, 230.000 orang meninggal dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal. Adapun penyebab gempa bumi lainnya terjadi, dipicu oleh pergerakan magma didalam gunung berapi, gempa bumi seperti itu dapat menjadi gejala letusan gunung berapi. Getaran gempa vulkanik biasanya terbatas hanya pada tubuh gunung api dan di daerah sekitarnya saja.

Bahaya yang ditimbulkan dari gempa vulkanik, seperti: bahan-bahan letusan gunung vulkanik, batuan debu, debu, lahar dan gas beracun akibat gempa vulkanik dapat membahayakan makhluk hidup dan lingkungan sekitarnya. Pada umumnya, wilayah korban letusan gunung berapi jauh lebih sempit dibandingkan dengan wilayah korban gempa tektonik. Lokasi atau wilayah gempa vulkanik terdapat di seluruh gunung api di Indonesia. Peristiwa gempa bumi dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, kita perlu waspada dan mampu menyelamatkan diri dari ancaman gempa bumi tersebut. Namun, meskipun demikian, konsentrasi gempa cenderung terjadi di wilayah-wilayah tertentu saja, seperti pada batas Plat Pasifik. Area atau wilayah ini dikenal dengan lingkaran api karena banyaknya gunung berapi.

Demikianlah, 5 paragraf kalimat diatas adalah contoh Contoh Teks Eksplanasi. Semoga bermanfaat bagi kamu yang sedang belajar. 

Baca Juga : Contoh Teks Eksposisi